16 Oktober 2017

13 Obat Batuk Di Apotik Paling Ampuh

| 15.27 |

Obat Batuk Di Apotik – Batuk memang sudah bukan penyakit yang asing lagi bagi masyarakat umum, hampir semua orang pasti pernah mengalaminya mulai dari anak-anak sampai orang tua. Hal ini dikarenakan, batuk adalah salah satu jenis penyakit yang sangat mudah menular apalagi pada seseorang yang sistem imun tubuhnya sedang lemah.

Secara umum, batuk sendiri terdiri dari dua jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Khusus untuk batuk berdahak, obat yang tepat untuk diberikan yaitu jenis obat yang memiliki kemampuan untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak yang ada pada tenggorokan. Setelah dahak tersebut dikeluarkan, maka batuk pun akan berangsur-angsur berkurang dan sembuh. Sedangkan untuk batuk kering, diperlukan jenis obat yang dapat meredakan rasa gatal pada tengorokan dan menurunkan frekuensi batuk.

Beragam Jenis Obat Batuk Di Apotik


Saat ini ada banyak sekali jenis dan merk obat batuk yang bisa didapatkan dengan mudah di apotik tanpa harus disertai resep dokter. Obat batuk sendiri terdiri dari dua jenis yaitu obat batuk berbentuk tablet dan sirup. Berikut ini beberapa jenis obat batuk di apotik yang ampuh untuk mengobati batuk kering dan berdahak, yaitu :
  1. Obat Antitussive
Jenis obat batuk pertama yang dapat anda pilih untuk mengobati batuk kering, kandungan di dalam obat batuk ini memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa gatal dan menekan frekuensi batuk agar tidak terlalu sering. Ada banyak merk obat batuk antitussive yang bisa anda dapatkan di apotik ataupun toko obat, harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi.
  1. Obat Dekongestan
Obat batuk dekongestan merupakan jenis obat batuk yang telah dikombinasikan dengan jenis obat antihistamin dan obat antitussive, kombinasi dari kedua jenis obat ini cukup efektif untuk membantu meredakan batuk serta dapat mengatasi berbagai masalah pada saluran pernafasan terutama pada bagian hidung, mulut dan juga tenggorokan. Gangguan yang sering dikait-kaitkan dengan gangguan kesehatan pada saluran hidung, mulut dan tenggorokan yaitu suatu tanda dari gejala batuk, flu dan juga alergi. Jenis obat ini dapat digunakan untuk meringankan gejala batuk, bahkan hasil kombinasi dari kedua jenis obat dekongestan dan juga antihistamin ini juga cukup efektif untuk meredakan batuk berdahak.
  1. Obat Antihistamin
Selain dapat dijadikan sebagai obat gatal-gatal dan juga obat cacar air, ternyata jenis obat antihistamin ini juga efektif untuk meredakan batuk kering ataupun batuk berdahak. Pada obat ini memiliki kandungan yang berfungsi untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan dan mengurangi frekuensi batuk, sehingga pada beberapa jenis obat antihistamin ini dapat berfungsi untuk menenangkan penderita batuk dengan cara membuat penderitanya tidur nyenyak. Namun perlu anda ingat bahwa obat ini tidak boleh disalahgunakan untuk mengatasi masalah susah tidur.
  1. Obat Kumur
Cara lain utuk meredakan batuk yaitu dengan cara menggunakan obat kumur yang didalamnya memiliki kandungan antiseptik. Obat kumur tersebut dapat berguna untuk membunuh virus, kuman dan bakteri yang dapat menjadi penyebab batuk dan rasa gatal pada tenggorokan. Ada banyak obat kumur antiseptik yang bisa anda pilih dan beli di apotik, obat kumur antiseptik ini memang cukup efektif untuk membantu meredakan batuk yang anda alami.
  1. Obat Anti Inflamasi
Obat batuk lain yang bisa anda dapatkan di apotik untuk meredakan batuk kering maupun batuk berdahak yaitu dengan mengkonsumsi obat anti inflamasi, fungsi dari obat ini dapat mencegah terjadinya peradangan pada tenggorokan. Jika batuk yang anda derita sudah terjadi peradangan, maka tenggorokan anda akan terasa sakit dan terjadi iritasi. Maka dari itu, obat antiinflasi ini sangat penting dikonsumsi oleh orang yang sedang menderita batuk kering agar dapat terhindar dari resiko terjadinya peradangan pada tenggorokan.
  1. Obat Ekspektoran
Untuk anda yang sedang terserang batuk berdahak, maka anda bisa mencari obat batuk yang di dalamnya memiliki kandungan ekspektoran. Ekspektoran sendiri merupakan jenis obat yang sangat efektif untuk meredakan batuk berdahak dengan cara mengencerkan dan sekaligus mengeluarkan dahak di dalam tenggorokan dan juga pada saluran pernafasan serta paru-paru. Dengan rutin minum obat ini, maka batuk akan reda dan saluran nafas pun akan terasa lebih ringan.
  1. Mukolitik
Jenis obat batuk di apotik lain yang bisa anda gunakan untuk meredakan batuk berdahak yaitu obat batuk yang mengandung Mukolitik. Kandungan mukolitik ini sangat bermanfaat untuk membantu mengencerkan dahak, sehingga dahak yang ada di tenggorokan dan saluran pernafasan akan lebih mudan untuk dikeluarkan. Dengan begitu, batuk berdahak secara perlahan akan reda dan sembuh.
  1. Amoxcilin
Amoxcilin bia sanya sering diberikan kepada seseorang yang menderita batuk sebanyak 2-3 kali sehari sampai habis. Fungsi dari Amoxcilin ini dapat meredakan infeksi ringan hingga sedang pada tenggorokan dan saluran pernafasan. Namun sayangnya, obat ini tidak cukup ampuh untuk membasmi virus penyebab penyakit tipus. Selain itu, obat ini juga memiliki sifat antibiotik jenis penisilin yang dapat berfungsi untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Jika batuk yang anda derita disertai dengan infeksi pada saluran pernafasan, maka pemberian obat ini cukup efektif untuk mengatasi infeksi yang sedang anda alami.
  1. Obat Ciprofloksasin
Obat batuk di apotik lainnya yang bisa anda gunakan yaitu dengan jenis obat Ciprofloksasin. Tetapi sayangnya, obat ini kurang bagus dikonsumsi untuk meredakan batuk pada anak-anak. Fungsi dari obat Ciprofloksasin sama hal nya dengan obat Amoxcilin yang dapat berfungsi sebagai antibakteri, obat ini sangat efektif untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab batuk dan gangguan pada saluran pernafasan.
  1. Cefadroksil
Obat ini biasanya diberikan setiap 12 jam sekali untuk meringankan gejala batuk kering maupun batuk berdahak. Selain itu, obat ini juga efektif untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan. Cefadroksil sendiri memang termasuk ke dalam jenis antibiotik, tetapi spectrum dari obat ini lebih luas jika dibandingkan dengan jenis obat antibiotik yang lainnya.
  1. Ambroxol
Ambroxol merupakan jenis obat yang dapat membantu meredakan batuk berdahak, pemberian obat batuk ini sebaiknya diberikan 3 kali sehari. Ambroxol sendiri termasuk jenis obat dalam golongan mukolitik yang berfungsi sebagai pengencer dahak. Ketika pertama kali anda menderita batuk berdahak, maka sebaiknya anda segera minum obat untuk membantu mengencerkan dahak agar tenggorokan cepat hilang.
  1. Bromhexine
Bromhexine juga merupakan jenis obat yang termasuk ke dalam obat pengencer dahak, sehingga dengan minum obat ini dapat mengurangi jumlah dahak seperti hal nya obat mukolitik pada umumnya. Obat jenis ini sangat efektif untuk menghilangkan dahak pada saluran pernapasan, dosis yang tepat untuk minum obat ini yaitu sebanyak 3 kali sehari.
  1. Obat Anti Alergi
Obat batuk jenis ini biasa diberikan oleh dokter kepada mereka yang biasa mengalami batuk pada saat-saat tertentu saja seperti misalnya pada saat tiba musim hujan atau musim kemarau ketika sering terkena paparan debu dan polusi udara. Jika anda menderita batuk pilek yang tidak berkesinambungan, maka bisa jadi anda memiliki alergi dan untuk mengatasinya bisa dengan minum obat anti alergi 2-3 kali sehari.

Itulah beberapa jenis obat batuk di apotik yang bisa anda gunakan untuk mengatasi batuk kering ataupun batuk berdahak. Jika dalam 3 hari batuk tidak juga mereda, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top