8 Agustus 2017

Cara Menurunkan Panas Demam Tinggi pada Anak

| 02.31 | , ,

Cara Menurunkan Panas Demam Tinggi pada Anak - Demam atau sakit panas yaitu satu diantara hal yang seringkali berlangsung pada anak, terlebih anak-anak dibawah usia 6 th.. Suhu badan normal anak yaitu ada pada kisaran 36 - 37 0C. Anak bisa disebutkan dalam keadaan demam apabila suhu badannya lebih dari 37, 2 0C. Meski begitu beberapa pakar medis memberi anjuran supaya Bunda tidak cepat-cepat memberi obat penurun panas pada anak apabila suhu badan anak masih tetap dibawah 38, 2 0C, karna badan pada suhu ini kebal badan juga akan aktif bekerja melawan sumber penyebabnya demam. Langkah turunkan demam tinggi pada anak jika suhu anak sudah lebih dari 38, 20C yakni dengan memberi obat penurun panas yang sesuai sama. 

Ketahanan badan anak balita biasanya masih tetap begitu rawan, hingga pada rentang umur 0-6 th., sering cuma karna perubahan cuaca atau musim juga bisa jadi penyebab timbulnya demam pada anak. Bicara ketahanan badan anak balita, kita bisa membedakannya dari tanggapan anak waktu “musim” sakit anak-anak tiba. Anak yang sejak lahir dibiasakan dengan susu formula (non ASI) umumnya mempunyai ketahanan badan yang lebih jelek dibanding anak yang sejak lahir sudah meminum ASI. Tersebut kenapa dokter anak yang baik senantiasa menyarankan bayi-bayi yang baru lahir sebisa-bisanya diberi ASI. 

Kembali pada laptop! Demam pada anak sebenarnya yaitu reaksi alami badan anak untuk menghalangi atau hentikan serangan benda asing (virus, bakteri) yang menyerang waktu itu. Saat demam menempa, baiknya Bunda siaga karna dapat jadi demam yang berlangsung bukanlah demam umum, tetapi yaitu tanda awal serangan penyakit yang lebih serius. 

Bagaimana Membedakan Demam Umum & Demam yang jadi Tanda Awal Serangan Penyakit Serius? 

Waktu awal terjadinya demam sebenarnya tidak gampang membedakan apakah demam itu demam umum atau bukanlah. Demam yang dihadapi anak disebutkan jadi demam umum apabila tak ada beberapa gejala riil yang menyertainya. Umumnya pengobatan demam ini cukup gampang. Pergi dari pengalaman yang kami alami pada putri yang paling disayangi kami, demam umum ini bisa pulih dengan pemberian obat penurun panas yang pas. Bunda bisa memberi paracetamol atau ibu profen untuk menolong meredakan panas serta pengobatannya sekalian. Butuh diingat pemberian paracetamol serta ibu profen untuk anak mempunyai langkah yang sedikit berlainan. Paracetamol bisa diberi pada anak sebelumnya makan namun ibu profen mesti diberi setelah makan, ini untuk hindari terjadinya iritasi di lambung anak. 

Apa yang Baiknya Bunda Kerjakan Waktu Si Buah hati Diserang Panas Demam Tinggi? 

Bila terjadinya demam dibarengi beberapa gejala yang riil, umpamanya demam yang dibarengi muntah-muntah, diare, batuk & pilek, ada bintik-bintik merah pada kulit yg tidak gampang hilang, jadi nyaris bisa di pastikan anak yang paling disayangi Bunda tengah terjangkit sakit yang lebih dari sebatas demam umum. Demam begini umumnya berbentuk naik turun atau kambuhan, berarti waktu diberi obat penurun panas demam si anak juga akan turun namun sesudah dampak obat penurun panasnya hilang (umumnya 4-5 jam lalu) demam juga akan kembali keluar. Bunda baiknya siaga pada kondisi ini. Meski begitu kadang-kadang pada demam yang sifatnya kambuhan itu, sumber penyebabnya paling utama terjadinya demam tidak terlihat 
riil. Anjuran kami apabila Bunda merasakan si buah hati alami keadaan begini lebih dari 1x24 jam, baiknya bawalah si buah hati ke klinik atau dokter anak selekasnya untuk memeriksakan atau mengidentifikasi penyebabnya munculnya demam & memberi perlakuan yang pas. Buat Bunda yang mungkin saja berpandangan kalau anak tidak mesti selekasnya dibawa ke klinik atau dokter walau panas demam anak telah lebih dari 1x24 jam, baiknya Bunda bersiap membawa anak yang paling disayangi Bunda ke klinik, dokter atau rumah sakit paling dekat apabila dalam kurun saat 3x24 jam nyatanya panas demam anak yang paling disayangi Bunda masih tetap naik turun atau berulang, serta baiknya dikerjakan kontrol darah untuk meyakinkan aksi yang butuh selekasnya di ambil, karna dapat jadi demam berulang ini yaitu tanda awal demam berdarah pada anak. 
Bagaimana Apabila Panas Anak Tidak Selekasnya Turun? 

Pada awal mulai demam umumnya anak bawaannya rewel. Makin suhu badan anak naik umumnya anak anak makin tampak lemah/lemas, bahkan juga dapat jadi anak bisa menggigil karna suhu badan yang selalu bertambah, atau dapat juga apabila anak terlebih dulu dalam keadaan tertidur, anak bisa mengigau. Bunda mungkin saja juga akan cemas serta makin cemas apabila nyatanya keadaan anak semakin tampak lemah serta menggigil. Cara menurunkan panas demam anak yang bisa dikerjakan yaitu : 

baiknya Bunda tidak cemas, berlakulah tetaplah tenang di dalam keadaan itu. 

beri obat penurun panas yang pas (type ataupun dosisnya) apabila suhu badan anak 38, 2 0 

apa yg bisa dikerjakan bila suhu badan anak Bunda tidak kunjung turun sesudah diberi obat penurun panas? Bantulah percepat penurunan suhu badan anak lewat cara mengusap badan anak dengan kain lembut yang dibasahi air hangat. Utamakan mengusap pada permukaan badan sisi perut-dada, punggung serta di bagian lipatan-lipatan badan (ketiak, selangkangan). Maksud mengusap dengan air hangat ini yaitu buka pori-pori badan, hingga juga akan memudahkan anak berkeringat serta suhu badan bisa selekasnya turun. 

atau langkah nomor 3 itu bisa digantikan dengan memandikan/merendam anak pada air hangat. Yang butuh di perhatikan apabila memandikan/merendam anak di air hangat yakni mesti dikerjakan di ruang tertutup yang tak ada aliran udara (angin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top