22 Januari 2017

Asuhan Keperawatan Hepatitis

Asuhan Keperawatan (Askep) Hepatitis – Merupakan inflamasi atau peradangan pada hepar (hati) yang disebabkan oleh berbagai reaksi terutama virus, obat-obatan dan alkohol. Sedangkan definisi menurut salah satu buku kesehatan bahwa,

“Hepatitis adalah infeksi virus pada hati yang berhubungan dengan menginfestasi klinik berspektrum luas dari infeksi tanpa gejala, melalui hepatitis ikterik sampai nektrotik hati. Baru-baru ini telah ditemukan 5 bentuk hepatitis virus” (Diyono, 2013).

Asuhan Keperawatan Hepatitis
Jadi dapat diambil kesimpulan bila penyakit ini diawali dengan peradangan akut di jaringan hati hingga kemudian merusak sel-sel hati dan  organ tersebut tak dapat berfungsi sebagaiman mestinya. 

Etiologi
Berdasarkan beberapa sumber terkait, penyebab paling sering yakni oleh virus dan non virus. Berikut contohnya:
1. Hepatitis virus terbagi ke dalam 5 bagian antara lain Hepatitis A, B, C, D dan E. Semua jenis virus bersifat RNA keculai hepatitis B yang bersifat DNA.
2. Hepatitis non virus terbagi ke dalam 4 bagian antara lain akoholik, obat-obatan, bahan beracun (hepatotoksik) serta penyakit lain (reactive Hepatitis). 

Patofisiologi
Menurut Hudak & Gallo, dalam bukunya dijelaskan bila inflamasi hepar bermula dari banyak etiologi diatas tadi dan kemudian terjadilah gangguan terhadap suplai darah normal ke sel-sel hati. Pun lama-kelamaan timbullah nekrosis atau kerusakan cukup parah.

Disisi lain, peradangan oleh karena invasi virus tentu memiliki gejala klinis sedikit berbeda seperti peningkatan suhu badan dan peragangan kapsula hati yang biasanya memicu perasaan di bagian perut kuadran kanan atas. Dapat pula termanifestasi oleh rasa mual bahkan nyeri ulu hati. 

Adapun gejala-gejala akut dalam untuk membuat Askep Hepatitis harus diperhatikan khususnya saat memasuki tahap pra ikterik (tahap prodromal) selama seminggu seperti anoreksia, suhu tubuh meningkat, mual-muntah, nyeri tekan pada hati, malaise, berat badan turun drastis dan dyspepsia.

Pemeriksaan Penunjang
Tidak salah lagi untuk menegakkan permasalahan atau diagnosa keperawatan pada pasien dengan hepatitis pastinya memerlukan laboratorium penunjang antara lain serum belirubin, SGOT,SGPT, asam empedu, urine,  LDH dan foto thorax untuk melihat apakah ada tanda pembesaran hati atau tidak (optional). 

Berlanjut pada intisari asuhan keperawatan, setidaknya ada 3 diagnosa utama yakni
1. Gangguan rasa nyaman (Nyeri) b/d pembengkakan hepar.
2. Nutrisi kurang dari kebutuhan b/d Anoreksia
3. Resiko tinggi terhadap kerusakan integritas kulit b/d gatal sekunder terhadap akumulasi garam empedu pada jaringan
Baca artikel terkait Asuhan Keperawatan Sirosis Hepatis
Nah, berkenaan dengan proses pengkajian, intervensi, implementasi sampai evaluasi secara lengkap, sebaiknya download langsung contoh Asuhan Keperawatan Hepatitis dibawah ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top