6 Februari 2016

Asuhan Keperawatan Gastroenteritis (GE)

Asuhan Keperawatan (Askep) Gastroenteritis (GE) - Merupakan salah satu infeksi di bagian saluran pencernaan dimana tanda paling umum yakni adanya peningkatan jumlah tinja lebih dari biasanya (normalnya 100-200 ml per jam).

Sedangkan menurut WHO sendiri, penyakit ini biasanya ditandai dengan BAB berbentuk cair atau encer sampai 3-5 kali sehari. Adapun beberapa penyebab penyakit GE ada banyak sekali mulai dari bakteri, virus (E. Coli, Aeromonas sp), toksin, obat - obatan, kemoterapi, impaksi fekal maupun penyerta lainya.
Asuhan Keperawatan Gastroenteritis (GE)
Bukan tidak mungkin bahwa Gastroenteritis bisa saja menimbulkan dampak buruk seperti diare mengingat karena penderita mulai kehilangan cairan atau elektrolit. Kembali pada topik utama, Asuhan Keperawatan Gastroenteritis pastinya diawali dari identitas pengkajian. Faktor pengkajian terbagi menjadi 2 yaitu secara subyektif dan obyektif. Jadi jangan pernah melupakan kedua teknik pengkajian tersebut karena satu sama lain saling berkaitan.

Kemudian memasuki pada keluhan utama, nampaknya bisa ditemukan keluhan seperti mual, muntah bahkan nyeri perut yang terjadi tiba - tiba. Tanyakan pula mengenai riwayat klien (pasien) mengenai penyakit sebelum dan ketika dirawat di rumah sakit Selanjutnya bagaimana pola fungsional kesehatan sehari - hari, apakah ada ketidaknormalan pada pola eliminasi, pola aktivitas, pola istirahat dan pola nutrisi.

Berikutnya memasuki pemeriksaan fisik meliputi sistem menyeluruh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Namun pada kasus tertentu, langkah ini bisa diaplikasikan hanya pada sistem utama misalnya jika membahas tentang Askep Gastroenteritis maka dikaitkan langsung dengan sistem pencernaan, integumen dan perkemihan.

Beralih ke pemeriksaan penunjang, terdapat jenis - jenis pemeriksaan khusus misalnya feses lengkap, ureum-creatinin dan serum elektrolit. Setelah semuanya selesai maka penegakkan diagnosa dapat dimulai serta rencana asuhan keperawatan.

Diantara diagnosa yang termasuk prioritas yaitu

1. Ketidakseimbangan cairan dan elektrolit b.d kehilangan cairan sekunder,
2. Perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan b.d tidak adekuatnya intake cairan,
3. Resiko injuri kulit b.d peningkatakn frekuensi diare,
4.Perubahan kenyamanan b.d kram abdomen muntah sekunder akibat dilatasi vaskuler hiperperistaltik,
5. Resiko ketidakefektifan penatalaksanaan progam terapeutik b.d kurangnya pengetahuan tentang kondisi, pembahasan diet dan gejala komplikasi.
Baca artikel terkait Asuhan Keperawatan Diare
Lebih lengkapnya, silahkan download Asuhan Keprawatan Gastroenteritis dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top