12 Februari 2016

Asuhan Keperawatan Asma

Asuhan Keperawatan (Askep) Asma - Merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kesukaran bernafas pada daerah trachea dan bronchial. Hal itu disebabkan oleh penyempitan pada saluran pernafasan. Menurut sumber, penyempitan tersebut dapat dikatakan bersifat dinamis alias berubah – ubah baik secara spontan maupun karena pemberian obat – obatan tertentu. Berdasar klasifikasinya, etiologi asma terbagi menjadi 3 tipe yakni;

1. Asma bronchial intrinsik (non atopi) artinya serangan timbul ketika memasuki usia dewasa. Adapun penyebabnya seringkali ditimbulkan oleh hubungan dengan pekerjaan, rangsangan psikis, beban fisik yang berat serta perubahan cuaca atau lingkungan non spesifik. 

2. Asma ekstrinsik (atopi) artinya keluhan terjadi akibat hubungan dengan paparan alergen lingkungan spesifik. Umumnya, timbul sejak kanak – kanak atau pada family yang pernah menderita asma, penderita dengan rinitis serta eksim diwaktu masih bayi. 

3. Asam bronchial campuran (mixed), pada golongan ini, keluhan akan semakin memberatkan karena gabungan dari kedua faktor diatas (intrisik dan ekstrinsik).
Asuhan Keperawatan Asma
Terkait patofisiloginya, dimulai dari alergen atau antigen yang terikat oleh IgE lalu menancap ke permukaan basofil. Lalu terlepaslah mediator dari sel – sel basofil dan menjadikan kontraksi otot polos sehingga berujung ke peningkatan kelenjar sekresi kelenjar bronkus.

Lalu lama – kelamaan dalam tahap inspirasi maupun ekspirasi mengalami penyempitan (obstruksi proksimal) serta edema mukosa bronkus. Inilah yang menjadikan penderita merasakan sesak nafas luar biasa saat terjangkit asma untuk pertama kalinya. Begitu pun tekanan partial oksigen di alveoli ikut menurun, maka otomatis rangsangan tubuh segera melakukan hiperventilasi.

Beberapa faktor utama pencetus serangan asma tidak selalu melalui faktor genetik saja melainkan alergen berupa inhalasi juga bisa semisal debu rumah tangga, bulu kapas, zat pengawet, debu kopi dan sebagainya. Disamping itu bisa karena infeksi saluran pernafasan (khususnya oleh virus respiratory syncitial, parainfluenza), olahraga berlebihan, ketegangan atau tekanan jiwa, obat – obatan penyekat beta atau kodein dan polusi udara di sekitar lingkungan (debu, asap rokok, penyemprot nyamuk, parfum, asap industry).

Berlanjut ke tahap pengkajian Asuhan Keperawatan Asma, seperti pada pengkajian umumnya dimana wajib meliputi anamnesa secara subyektif dan obyektif. Dibarengi juga dengan pengkajian pola kesehatan fungsional, pemeriksaaan fisik serta data – data penunjang lainya demi menegakkan diagnosa keperawatan. Untuk kasus tertentu, biasanya focus data pengkajian sebaiknya mempertimbangkan gejala utama (sesak hebat, timbul batuk secara tiba – tiba). 

Sedangkan dalam pemeriksaan fisik akan ditemukan gangguan di sistem pernafasan serta sistem kardiovaskuler. Terakhir penunjang seperti laboratorium dimungkinkan angka leukosit, eosinofil meningkat drastis dan foto radiologi bisa saja menggambarkan gangguan atau kelainan di area paru – paru.

Berikut diagnosa keperawatan yang menjadi prioritas utama

1.Ketidakefektifan bersihan jalan b.d sekresi kental peningkatan produksi mucus dan bronkospasme,
2.Ketidakefektifan pola nafas b.d distensi dinding dada dan kelelahan akibat kerja pernafasan,
3.Ansietas berlebih b.d sulit bernafas dan rasa takut sufokasi,
4.Kerusakan pertukaran gas b.d retensi CO2 peningkatan sekresi,
5.Peningkatan kerja pernafasan dan proses penyakit,
6.Resiko tinggi gangguan pemenuhan nutrisi kurang dari kebutuhan b.d laju metabolik yang tinggi, dipsnea saat makan dan anseitas,
7.Resiko tinggi infeksi b.d retensi sekresi, batuk tidak efektif dan imobilisasi,
8.Resiko tinggi kelelahan b.d retensi CO2 hipoksemia, emosi terfokus pada pernafasa dan apnea tidur
9.Resiko tinggi ketidakpatuhan b.d kurangnya pengetahuan tentang kondisi dan perawatan diri saat pulang.
Setelah pengumpulan data pasien (klien) sampai mengorganisasi data maupun menetapkan diagnosis keperawatan. Jadi tahap berikutnya adalah intervensi dan evalusi, lebih lengkapnya silahkan download Asuhan Keperawatan Asma dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top